Balon Internet Google Sudah Punya 1 Juta Jam Terbang

Jakarta – Meski sudah jarang terdengar, balon internet Google yang bernama Loon ternyata masih terus beroperasi. Dan baru-baru ini mereka akhirnya mencapai 1 juta jam terbang.

Selama 1 juta jam terbang itu, Loon sudah menempuh jarak sekitar 24,9 juta mil. Angka ini tercapai setelah Loon belakangan ini beroperasi di Puerto Rico dan Peru.

Pencapaian ini terbilang mengagumkan karena Loon baru setahun ‘lulus’ dari status proyek. Sebelumnya, nama Loon memang masih disebut sebagai Project Loon.

1 juta jam terbang ini salah satunya bisa tercapai dengan cara mereka beroperasi. Yaitu ketika menghadapi cuaca buruk seperti angin kencang, AI yang dipakai akan mengubah ketinggian balon dan akan mengikuti arah angin.

Hal ini terkadang membuat Loon terpaksa menggunakan rute yang lebih jauh dari seharusnya, meski penggunaan energinya bakal lebih irit. Malah seringkali balon internet itu hanya ‘disuruh’ berjalan-jalan agar bisa memberikan koneksi internet yang lebih konsisten.

Meski sudah tak berstatus proyek, balon internet Google ini tetap masih berada dalam tahap awal dengan tingkat adopsi yang masih terbatas. Namun tampaknya Loon tetap mempunyai masa depan cerah dan jumlahnya akan bertambah di masa yang akan datang.