Warga Geger Bekas Sumur Bor di Sragen Semburkan Api

Merdeka.com – Warga Kabupaten Sragen, Jawa Tengah dihebohkan dengan munculnya semburan api di pekarangan milik Rebo, warga RT 22, Dukuh Banyuurip Desa Kebonagung, Kecamatan Tanon. Api menyala dari dalam tanah seperti obor setinggi sekitar 50 sentimeter. Warga berbondong-bondong menyaksikan fenomena yang terjadi selepas maghrib, Minggu (18/8).

Kepala Desa Kebonagung, Suwarno mengatakan munculnya api diketahui sekitar pukul 18.00 WIB. Sebelum muncul semburan api, sejumlah warga mengaku merasakan suhu panas di sekitar lokasi. Mereka kemudian mencari sumber hawa panas tersebut.

“Setelah dicari ternyata ada sebuah lubang yang tertutup batu. Lalu batu tersebut dibuka dan muncul semburan api dari dalam tanah,” ujar Suwarno saat ditemui wartawan, Senin (19/8).

Menurut Suwarno, lokasi semburan tersebut dulunya merupakan lubang sumur bor. Dua hari lalu warga merasakan hawa panas yang sebelumnya tidak pernah terjadi. Sumur tersebut mempunyai kedalaman sekitar 50 meter.

“Sekitar 2 tahun lalu pemilik pekarangan membuat sumur bor untuk pengairan, tapi tidak keluar airnya,” katanya.

Lantaran tidak ditemukan sumber air, bekas pengeboran tersebut ditutup dengan tanah dan bebatuan. Namun sekarang lubang tersebut justru menyemburkan api. Agar tidak membahayakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan Tanon dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tanon.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Camat Tanon dan Kapolsek. Sekarang lokasi sudah dipasang garis pengaman. Kami juga meminta Pemkab Sragen segera melakukan langkah langkah agar tidak menimbulkan kerugian masyarakat,” ucapnya